Ilmu komputer (bahasa Inggris: Computer Science), secara  umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi,  perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).  Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer,  mulai dari analisa abstrak algoritma  sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer  lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software),  sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan  dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun  demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak  orang.
Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal (seperti komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoritis (seperti komputer random and komputer oracle).
Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).
Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.
Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.
Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.
Edsger Dijkstra mengatakan:
Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal (seperti komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoritis (seperti komputer random and komputer oracle).
Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).
Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.
Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.
Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.
Edsger Dijkstra mengatakan:
- Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop
Fisikawan ternama Richard Feynman mengatakan:
- Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif!
Catatan tentang istilah 'Informatika' dan 'Ilmu komputer'
Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan  dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa  Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan  istilah computer science di Amerika Serikat dan computing  science di Inggris. Namun, istilah informatics  dalam bahasa  Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih  menekankan  pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan  rasional.
Hubungan Informatika dengan bidang lain
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa  bidang lain.  Bidang-bidang ini tidak benar-benar terpisah, sekalipun  mempunyai  perbedaan penting.
Ilmu Informasi
Ilmu Informasi adalah  ilmu yang mempelajari data dan  informasi, mencakup bagaimana  menginterpretasi, menganalisa, menyimpan,  dan mengambil kembali. Ilmu  informasi dimulai sebagai dasar dari analisa  komunikasi  dan basis data.
Sistem Informasi
Sistem Informasi  adalah aplikasi komputer untuk mendukung  operasi dari suatu organisasi  yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan  komputer, perangkat lunak, dan  data. Sistem Informasi Manajemen   adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal   manajemen. 'Sistem Informasi' dapat berupa gabungan dari beberapa elemen   teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama   berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan,   dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang   dapat digunakan dalam mendukung keputusan.
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa  Perangkat Lunak pada prinsipnya menekankan pada  tahapan-tahapan  pengembangan suatu perangkat lunak yakni : Analisis,  Desain,  Implementasi, Testing dan Maintenance. Pada tahap yang lebih  luas  Rekayasa Perangkat Lunak mengacu pada Manajemen Proyek pengembangan   Perangkat Lunak itu sendiri dengan tetap memperhatikan tahapan-tahapan   pengembangan sebelumnya.
 Dalam pengembangannya perangkat lunak memiliki berbagai model yaitu   model water fall ('model konvensional' sebagai model terdahulu yang   dikembangkan dan karena model water fall nyaris sama dengan siklus hidup   pengembangan sistem), model prototype ('model yang disukai oleh user   dan pengembang), model sequensial linear, model RAD 'rapid aplikation   model', model 'formal method' atau 'metode formal' disini sebelum   diadakannya implementasi terlebih dahulu rancangan model yang dibuat   diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak ada lagi kesalahan -   kesalahan pada saat implementasi.
Rekayasa Komputer(Rekayasa Perangkat Keras)
Rekayasa Komputer adalah ilmu  yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras  komputer.
 Ilmu yang mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, pemeliharaan  perangkat lunak.
Keamanan Informasi
Keamanan  Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi  dari keamanan sistem informasi (termasuk Kriptografi).
Cabang Ilmu Utama Informatika
Dasar Matematika
Teori Ilmu Komputer
- Teori Informasi Algoritmik
- Kompilator
- Kriptografi
- Semantik Denotasional
- Teori  Komputasi (atau Ilmu Komputer Teoritis) - analisa dari algoritma dan kompleksitas dari problem
- logika dan arti dari program
- logika matematika dan bahasa formal
 
- Teori Tipe
Perangkat Lunak
- Program Komputer and Pemrograman Komputer
- Teknik Pemrograman
- Rekayasa Perangkat Lunak
- Bahasa Pemrograman
- Sistem Operasi
Organisasi Sistem Komputer
(lihat  juga elektronika)
- Arsitektur Komputer
- Jaringan Komputer
- Komputasi Terdistribusi
- Komputasi grid
- Kinerja dari Sistem
- Implementasi dari Sistem Komputer
Data dan Sistem Informasi
- Struktur Data
- Representasi penyimpan data
- Enkripsi data
- Kompresi data
- Pengkodean dan Teori Informasi
- Berkas
- Sistem Informasi - Basis Data
- Data Mining
- Data Warehouse
- Penyimpanan dan Pengambilan Informasi
- Antarmuka dan presentasi informasi
 
Metodologi Komputasi
- manipulasi simbolik dan aljabar
- Kecerdasan Buatan
- Grafik Komputer
- Pengolahan Citra dan Visi Komputer
- Pengenalan Pola
- Simulasi dan Pemodelan
- Pengolahan dokumen dan teks
- Pengolahan Sinyal Digital
Aplikasi Komputer
- Pengolahan data administratif
- Perangkat lunak matematika
- Ilmu dan teknik fisika
- Ilmu hayat dan medis
- Sosiologi
- Seni dan kemanusiaan
- rekayasa berbantuan komputer
- Robotik
- Interaksi manusia dan komputer
- Hiburan
Lingkungan Komputasi
- Industri Komputer
- Sejarah dari Perhitungan
- Komputer dan pendidikan
- Komputer dan masyarakat
- Aspek hukum dari komputer
- manajemen dari komputasi dan sistem informasi
- personal komputer
Sejarah
- Sejarah dari Perhitungan
- Projek pemrograman awal
- Departemen Ilmu Komputer
- Garis Waktu dari Algoritma
Ahli Terkenal Ilmu Komputer
- John Backus Penemu FORTRAN, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama dan susunan Backus-Naur untuk mendeskripsikan bahasa formal sintaks.
- James Cooley dan John Tuckey Fourier Transform Cepat (Fast Fourier Transform) dan pengaruhnya pada riset keilmuan.
- Ole-Johan Dahl dan Kristen Nygaard, penemu bahasa berorientasi objek SIMULA.
- Edsger Dijkstra untuk algoritma, Goto dianggap berbahaya.
- Kenneth Iverson Penemu APL, untuk kontribusinya di perhitungan interaktif.
- William Kahan untuk standard IEEE floating-point.
- Donald Knuth untuk Seni dari Pemrograman Komputer
- Ada Lovelace programer terkenal pertama di dunia
- John von Neumann yang telah mengembangkan arsitektur von Neumann.
- Claude E. Shannon untuk teori informasi
- Alan Turing untuk teori komputabilitas.
- James Wilkinson Teknik "analisa kesalahan dari belakang" dan kemajuan di bidang perhitungan matriks. Wilkinson adalah juga penggerak dalam pengembangan Pilot ACE, komputer di Inggris yang pertama, pada akhir 1940-an. (lihat Wilkinson pada biografi MacTutor.)
- Konrad Zuse Pembuat binari komputer yang pertama pada 1930-an, di mana dia menrencanakan bahasa pemrograman jauh sebelum waktunya.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar